1.faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham 2.pengaruh pemerintah untuk mengatasi kondisi ekonomi saat ini 3.perlunya kepastian hukum dalam manajemen sumber daya manusia masa kini 4.permasalahan serikat kerja masa kini

Posted: December 13, 2010 in Uncategorized

1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Menurut Alwi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan harga saham atau indeks harga saham, yaitu :
1. Faktor Internal (Lingkungan mikro)
– Pengumuman pengambil alihan diversifikasi, yaitu laporan merger, investasi ekuitas, laporan take over oleh pengakuisisian dan diakuisisi, laporan divestasi dan lainnya.
– Pengumuman investasi yaitu melakukan ekspansi pabrik, pengembangan riset dan, penutupan usaha lainnya..
– Pengumuman ketenagakerjaan yaitu negoisasi baru, kontrak baru, pemogokan dan lainnya.
– Pengumuman laporan keuangan perusahaan, yaitu peramalan laba sebelum akhir tahun fiskal dan setelah akhir tahun fiskal, earning per share (EPS) dan dividen per share (DPS), price earning ratio, net profit margin, return on assets (ROA), dan lain-lain.
– Pengumuman tentang pemasaran, produksi, penjualan seperti pengiklanan, rincian kontrak, dll.
– Pengumuman pendanaan seperti pengumuman yang berhubungan dengan ekuitas dan hutang.
– Pengumuman badan direksi manajemen seperti perubahan dan pergantian direktur, manajemen, dan struktur organisasi.

2.Faktor eksternal (Lingkungan makro)
yaitu diantaranya :
– Pengumuman pemerintah yaitu seperti perubahan suku bunga tabungan dan deposito, kurs valuta asing, inflasi, serta berbagai regulasi dan deregulasi ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah.
– Pengumuman hukum (legal announcements), yaitu seperti tuntutan karyawan terhadap perusahaan atau manajernya dan tuntutan perusahaan terhadap manajernya.
– Pengumuman industri sekuritas (securities announcements), seperti laporan pertemuan tahunan, insider trading, volume atau harga saham perdagangan, pembatasan atau penundaaan trading.
– Gejolak politik dalam negeri dan fluktuasi nilai tukar juga merupakan faktor yang berpengaruh signifikan pada terjadinya pergerakan harga saham di bursa efek suatu negara.
– Berbagai isu baik dari dalam negeri dan luar negeri.

2. PENGARUH PEMERINTAH UNTUK MENGATASI KONDISI EKONOMI SAAT INI

Kondisi ekonomi di Negara kita sedang mengalami krisis , ditambah dengan adanya bencana alam yang melanda Bangsa ini. Itu semua semakin kacau dengan situasi politik yang tidak menentu dan banyaknya koruptor di Negara ini, yang menyebabkan krisis ekonomi di Negara Indonesia ini. Maka dari itu pemerintah harus mengatasi ekonomi saat ini sebelum semuanya semakin memusingkan Negara ini. Dibawah ini akan di jelaskan bagaiman pemerintah mengatasi kondisi ekonomi saat ini.

 Yang harus dilakukan yaitu mengurangi dampak negative dari krisis ekonomi tersebut, terhadap kelompok penduduk yang berpendapatan rendah.
 Pemulihkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perbankan
 Pemulihan pembangunan ekonomi agar pertumbuhan semakin membaik.
 Mendukung ekspor
 Memperluas lapangan pekerjaan
 Memperbaiki sistim distribusi agar berfungsi secara efektif
 Penghapusan berbagai praktik monopoli.
3. perlunya kepastian hukum dalam manajemen sumber daya manusia masa kini
Manajemen sumber daya manusia, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efektif dan efisien dan dapat digunakan secara maksimal sehingga dapat tercapai tujuan bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. Itu didasari pada bahwa setiap karyawan adalah manusia bukan mesin dan semata bukan menjadi sumber daya bisnis. Kajian diatas menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi.
Unsur Manajemen Sumber Daya Manusia adalah manusia. Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktek manajemen yang mempengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.
4. permasalahan serikat kerja masa kini

KEKUATAN INDUSTRI DAN PERMASALAH YANG
DIHADAPI PEKERJA
Industri /perusahaan yaitu kombinasi dari modal, manajemen dan pekerja.Mereka adalah suatu kesatuan yang terpisah dan mempunyai motivasi yang berbeda pula.
Pemodal adalah yang menanamkan modal perhatian utama mereka adalah untuk mendapat keuntungan dengan semaksimal mungkin. Manajemen selalu ada untuk melindungi kepentingan dari parapemilik modal .
Pada prosesnya, pekerja selalu menjadi korban ekploitasi mereka. Sebagai partner dari industri, pekerja menginginkan keadilan dan hak sebagai hasil pelaksana industri. pastinya pekerja mempunyai kekuatan untuk menghilangkan permasalahan seperti rendahnya pengupahan, buruknya kondisi pelayanan untuk kesehatan, keselamatan kerja dan lain-lain. Tetapi secara individul pekerja tidak mampu untuk berjuang atas hak – haknya melawan hebatnya kombinasi antara pemodal dan manajemen dimana mereka mempunyai kekuasaan, uang serta pengaruh. Pekerja harus mengetahui dan memahami bahwa sebagai perseorangan dan pekerja tidak akan banyak yang bisamereka capai. Dengan usaha mengorganisir dirinya dan kegiatan kolektif mereka dapat secara efektif menjunjung tinggi martabatnya sebagai individu dan pekerja, menghormati perintah dari pengusaha –
berusaha keras untuk memperbaiki dan memelihara mata pencaharian, meningkatan pengupahan, status sosial ekonomi, kesejahteraan lebih baik dan upah – upah lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s